2009-12-15

thunderbird3 dan google wave

2 minggu lalu dapet mainan baru, googlewave .. keren banget buat kolaborasi antar team. Tools ini gw pake untuk kolaborasi antar team programmer di kantor. supaya lebih mantap, gw pake chrome browser khusus untuk googlewave. sebetulnya ga perlu gitu si, cman masi tetep musti pake firefox buat develop software karena tools firebug dan web-developer toolbar yang mbantu banget. Di chrome udah ada juga plugin buat firebug, tapi ya biar mantep develop tetep pake firefox, ya cuman masalah mantep2an aja sih :P
Ini sekilas googlewave di chromium gw :



hari ini setelah install thunderbird 3, kok rasanya kurang sreg sama mail client ini :P .. iseng2 gugling, malah nemu link ini , dia bilang, bisa mengintegrasikan googlewave ke dalam thunderbird 3, tepatnya di tab-nya.

Langkahnya, buka thunderbird, trus buka Error Console (letaknya di Tools->Error Console), akan tampil windows Error Console seperti ini :



kemudian paste code dibawah ini ke field code, dan klik evaluate.
Components.classes['@mozilla.org/appshell/window-mediator;1'].getService(Components.interfaces.
nsIWindowMediator).getMostRecentWindow("mail:3pane").document.getElementById("tabmail").
openTab("contentTab", {contentPage: "https://wave.google.com/wave/?nouacheck"});
(kalau copy paste, diilangin dulu carriage return-nya yak) .. dan selese, googlewave tampil di tab thunderbird, fyi tab ini akan direstore ulang setelah thunderbird di close, jadi ga perlu paste lagi ke error console-nya.. ini skrinsotnya :



dan silahkan nge-wave di thunderbird! :)

Tidak ada komentar: