2009-12-15

install thunderbird 3 di karmic koala

thunderbird 3 udah rilis beberapa waktu lalu, metode instalasi ada 2, liwat manual download file-nya dan tambahin sources di /etc/apt/sources.list

cara pertama : download paket thunderbird dari sini. Setelah donlod selese, extract file
detanto@detantoCQ45:~/opt/pfiles/$ tar xjvf thunderbird-3.0.tar.bz2
Kemudian buat profile
detanto@detantoCQ45:$~/opt/pfiles/thunderbird -ProfileManager
Pertama kali gw liat kok bentuknya aneh gini hihihi, akhirnya coba2 import data thunderbird lama yang udah dibackup, fyi data email ada di /home/detanto/.mozilla-thunderbid/profile(kodeaneh)/Mail/*

Karena thunderbird gw dari awal banget..hmm kalo ga salah dari versi 1.x gitu, gw pengen ini dari awal yang baru.. krn itu aku bikin akun satu2 kemudian aku copy data dari folder Mail/account ke folder2 baru di thunderbird 3

cara kedua : edit /etc/apt/sources.list. tambahkan
deb http://ppa.launchpad.net/ubuntu-mozilla-daily/ppa/ubuntu karmic main
Ubuntu harus mengotitentifikasi PPA-nya (Personal Package Archive), kalau engga, pasti ga bisa update ke alamat diatas.
W: GPG error: http://ppa.launchpad.net karmic Release: The following signatures couldn't be verified because the public key is not available: NO_PUBKEY EF4186FE247510BE
Cara authenticate-nya, di halaman PPA-nya akan ada OpenPGP key id, misalnya yang ada di https://launchpad.net/~ubuntu-mozilla-daily/+archive/ppa adalah 1024R/247510BE, ambil bagian setelah tanda "/" yaitu 247510BE, kemudian
detanto@detantoCQ45:~/opt/pfiles/thunderbird$ sudo apt-key adv --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv-keys 247510BE
Executing: gpg --ignore-time-conflict --no-options --no-default-keyring --secret-keyring /etc/apt/secring.gpg --trustdb-name /etc/apt/trustdb.gpg --keyring /etc/apt/trusted.gpg --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv-keys B34505EA326FEAEA07E3618DEF4186FE247510BE
gpg: requesting key 247510BE from hkp server keyserver.ubuntu.com
gpg: key 247510BE: public key "Launchpad PPA for Ubuntu Mozilla Daily Build Team" imported
gpg: Total number processed: 1
gpg: imported: 1 (RSA: 1)
kemudian update
detanto@detantoCQ45:/$ sudo apt-get update
setelah itu tinggal seperti biasa, gunakan apt-get install thunderbird-3.0 atau 3.1

ini gw attach skrinsot dengan themes leopard_mail-default-graphite-3.1.4



sumber2 :
https://launchpad.net/~ubuntu-mozilla-daily/+archive/ppa

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mas,, saya Nabil... saya kesulitan menginstal thunderbird 3 di karmic... setelah extract file apa yang harus dilakukan???

terima kasih