2009-12-14

RabbitVCS, subversion client di linux


di artikel sebelumnya, pernah gw bahas tentang subversion. Afaik, pada saat itu blun ada tools sepowerful tortoisesvn, gw rasain paling lumayan adalah nautilussvn, tapi ada beberapa kekurangan, yang gw inget kalo proses commit, add lambatnya minta ampun, malah pernah hang nautilus gw. Sampai pada akhirnya gw mutusin coding php pake netbeans yang notabene beratnya ajrut2an, tapi terpaksa, butuh yang gui-nya enak soalnya :D ..

sampai pas minggu kemaren, gw install karmic koala dan pengen jajal nautilussvn lagi dengan pemikiran mungkin yang versi baru lebih mantab surantab ..

pas mengunjungi websitenya di http://code.google.com/p/nautilussvn/, wah ternyata dapet kabar udah ganti jadi rabbitVCS ".. We are excited to announce the release of RabbitVCS v0.12, the successor to NautilusSVN! ", langsung deh jalan ke link-nya di http://rabbitvcs.org/.


cari2 downloadnya, beuh ada file debian package buat ubuntu, debian, rpm buat fedora, malah buat ubuntu bisa langsung di apt-get dengan nambahin di /etc/apt/sources.list-nya .. mantab

apabila download langsung deb-nya bisa ke sini, setelah selesai, seperti biasa

sudo dpkg -i rabbitvcs_versi_terbaru.deb

setelah itu akan apabila diklik kanan pada folder yang belum ada subversionnya, akan muncul seperti ini :



sementara kalau sudah ada subversionnya, pada saat klik kanan akan muncul



proses commit pada folder yang telah tersubversi :




report proses commit telah berhasil :



proses update subversion :



tools ini sangat bagus, compare to nautilussvn, sampai hari ini belum menemukan hal2 yang tidak mengenakkan, seperti hang dsb dsb .., jadi bagi pencari pengganti tortoisesvn yang cuman zalan di windows, boleh coba rabbitVSC, dijamin puasss :) .. fyi, karena ada si klenci ini, untuk koding php sekarang gw pake Komodo, lebih ringan daripada netbeans, dan bisa project pula.. disini bisa diintegrasikan dengan svn, next gw tulis cara integrasi komodo dengan svn-nya ..

Tidak ada komentar: