2008-08-16

REVIEW Dari Microsoft SAM & PiagamHKI Seminar (I)

Kamis kemarin gua dateng ke Seminar SAM (Software Assets Management) dan PiagamHKI (Hak Kekayaan Intelektual) memenuhi undangan dari Microsoft SAM.

Ada beberapa hal menarik disana, diantaranya

Dari report yang disampaikan oleh Tony Chen, Indonesia sekarang menduduki peringkat ke 13 dari sebelumnya peringkat 8 dunia dalam hal piracy software, dan mereka klaim itu kerja keras Microsoft dalam memerangi tingkat piracy di Indonesia. Padahal menurut saya itu akibat dari semakin banyak perush yang beralih ke OSS, sehingga pembajakan yang melibatkan Microsoft sebagai korban berkurang. Memang selain hijrah ke OSS mereka mau tidak mau membeli produk Microsoft karena tidak bisa beralih.

BSA dan Microsoft (Sebagai Member BSA) mengeluarkan piagamHKI yang menjamin membernya terbebas dari upaya oknum yang melakukan auditing. Auditing dilakukan sendiri oleh team dari BSA, dengan prosedur mengecek program masing2x komputer dibandingkan dengan Lisense yang ada. dan Hanya melakukan pengecekan terhadap software dari member BSA.

Member BSA dalam Piagam HKI adalah

BSA Members
Andal Software
Autodesk
Microsoft
PT Bamboomedia Cipta Persada
PT Zahir Internasional
SPSS
Symantec
TEKLA
Trend Micro

Pengecekan hanya melalui program scanner dari BSA, tanpa perlu buka satu persatu program di komputer. dan hanya mengecek Quantity software, tidak dapat mendeteksi genuine atau tidak.

Untuk Microsoft Windows dan MS OFfice baru bisa diketahui Genuine atau tidak secara otomatis dari SAM Software.

PiagamHKI ditandatangani oleh Pihak Kepolisian dan BSA Asia.

Kesimpulan yang aku dapatkan, pemerintah bagus bisa memprotek HKI dari piracy, tetapi hanya sedikit member yang dilibatkan dalam piagamHKI. dan dunia OSS sepertinya tidak tersentuh, padahal OSS juga perlu untuk dilindungi oleh UU dan HUkum.

Tidak ada komentar: